Minggu, 15 Januari 2012

TUGAS DAN FUNGSI MANAJER



MANAJEMEN PENDIDIKAN
Jika anda sukses berbagilah kepada yang lain, jika anda gagal tanyakanlah pada diri anda mengapa anda gagal



Manajer adalah pimpinan atau pemimpin suatu organisasi. dalam organisasi, istilah manajerdigunakan dengan berbagai istilah, yaitu derektur,rektor, pimpinan, ketua, kepala, presiden dan sebagainya.
manajer memang otoritas yang menentukan perkembangan lembaga pendidikan. kedudukan memang sangat strategis karena berhubungan secara langsung dengan pengambilan keputusan dan kebijaksanaan yang ditetapkan untuk dilaksanakan secara operasional oleh seluruh bawahanya.


Karena berhubungan secara langsung dengan pengambilan keputusan, paling tidak, seorang manajer harus memiliki tiga macam keterampilan.



  1. keterampilan konseptual. keterampilan konsep merupakan keterampilan memahami dan mengelola organisasi.
  2. keterampilan manusiawi. keterampilan manusiawi adalan keterampilan melakukan kerjasama, motivasi, dan membangkitkan etoskerja para pegawai.
  3. keterampilan teknis. keterampilan pengoprasional alat-alat, metode, dan fasilitas lainnya yang tradisional maupun yang moderen.

Manajer yang harus memiliki ketrampilan konsep adalah manajer tertinggi atau derektur utama. dilembaga pendidikan, keterampilan konsep harusdikuasai oleh rektor, dekan, kepala sekolah, para penilik, kepala dinas pendidikan, dan pejabat lainnya yang menempati puncak pimpinan dalam pendidikan.
kemampuan manajer dalam keterampilan konseptual dapat diperoleh melalui kecerdasan intlektual, kecerdasan yang digali melalu pengalaman selama menjadi pimpinan suatu organisasi, atau latar belakan pendidikannya, belajar memahami kerja yang seluruh bawahanya, banyak melakukan penelitian atau mempelajari hasil-hasil penelitian orang lain, dan yang paling penting, ia memiliki kemampuan merumuskan pandangan-pandanganya secara konkritdan praktek untuk menjadi bagian uji coba, dapat diprediksikan hasil-hasilnya dan berwawasan kedepan.


Gambaran konseptual tentang pendidikan yang berwawasan masa depan secara operasional berkaitan dengan seluruh proses pengelolaan lembaga pendidikan, yaitu:

  1. konsep tentang penjaringan dan seleksi siswa/mahasiswa
  2. desain dan pengembangan kurikulum
  3. penjaringan dan penempatan guru/dosen
  4. pemberdayaan pejabat struktural dan fungsional yang sinergis dengan keahlianya.
  5. sintem supervisi pendidikan yang profisional dengan tugas dan fungsi masing-masing personal lembaga dan unit kerja
  6. dan seterusnya...
Tugas dan fungsi manajer adalah melaksanakan fungsi-fungsi manajemen, yaitu merencanakan seluruh program kerja lembaga pendidikan secara konseptual. kunci dasar dari visi dan misi serta penjabaran perlu di organisasikan dengan matangagar seluruh manajer dan bawahanya dapat melakukan hubungan kerja sama yang sinergis dan mampu melaksanakan secara praktis hingga pada hal yang bersifat teknis.
kepemimpinam manjer memegang peranan penting dalam perkembangan lembaga pendidikan.

OLEH: Prof.Dr. Akdom, M. Pd

TEMAN SENASIP DAN SEPERJUANGAN

"jogja nan elok di pandang mato"

1 komentar: