Jumat, 07 September 2012

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) DI MTS N MAGUWOHARJO


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Satuan Pendidikan      : MTs N Sleman Kab Sleman di Maguwoharjo
Mata Pelajaran            : Al Qur’an dan Hadis
Kelas/Semester            : IX D/1
Alokasi Waktu             : 2 × 40 menit

A.  Standar Kompetensi
Menerapkan Al-Qur’an surah-surah pendek pilihan tentang hokum fenomena alam.      
B. Kompetensi Dasar
1.      Memahami isi kandungan surah Al-Qari’ah dan Al-zalzalah tentang hokum fenomena alam.      
C. Indikator 
1.      Menjelaskan Pengertian hukum alam.
2.      Menjelaskan lafat surah Al-Qari’ah dan terjemahan.
3.      Menjelaskan surah Al-Zalzalah dan terjemahan.
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran tentang Menerapkan Al-Qur’an surah-surah pendek pilihan tentang hukum fenomena alam Sebagai Pedoman Hidup Manusia dengan menggunakan metode interactive lecturing dan resitasi di harapkan :
1.      Siswa mampu memahami Menjelaskan Pengertian hukum alam.
2.      Siswa mampu melafalkan surah Al-Qari’ah dan surah Al-Zalzalah.
3.      Siswa mampu memahami fenomena hukum alam
E. Nilai Pendidikan Karakter
a.       Relegius
b.      Kerjasama
c.       Saling menghargai




F. Materi Pembelajaran
A.    Hukum Alam
a.       Pergertian hokum alam
Hokum alam adalah hukum yang berlaku sesuai kodrat alam. Secara ilmiah, adanya kehidupan didunia karena adanya energy dari matahari. Atas kehendak allah swt, matahari memancarkan sinar dan panasnya keseluruh penjuru dunia. Allah swt, menakdirkan bumi berputar dan mengelilingi matahari sehingga terjadi siang dan malam.
b.      Surat Al qari’ah
a)      Lafal surat Al qari’ah dan terjemahannya.
èptãÍ$s)ø9$# ÇÊÈ   $tB èptãÍ$s)ø9$# ÇËÈ   !$tBur y71u÷Šr& $tB èptãÍ$s)ø9$# ÇÌÈ   tPöqtƒ ãbqä3tƒ â¨$¨Y9$# ĸ#txÿø9$$Ÿ2 Ï^qèZ÷6yJø9$# ÇÍÈ   ãbqä3s?ur ãA$t6Éfø9$# Ç`ôgÏèø9$$Ÿ2 Â\qàÿZyJø9$# ÇÎÈ   $¨Br'sù ÆtB ôMn=à)rO ¼çmãZƒÎºuqtB ÇÏÈ   uqßgsù Îû 7pt±ŠÏã 7puŠÅÊ#§ ÇÐÈ   $¨Br&ur ô`tB ôM¤ÿyz ¼çmãZƒÎºuqtB ÇÑÈ   ¼çmBé'sù ×ptƒÍr$yd ÇÒÈ   !$tBur y71u÷Šr& $tB ÷muÏd ÇÊÉÈ   î$tR 8puŠÏB%tn ÇÊÊÈ  
Hari kiamat, Apakah hari kiamat itu? Tahukah kamu Apakah hari kiamat itu? Pada hari itu manusia adalah seperti anai-anai yang bertebaran,Dan gunung-gunung adalah seperti bulu yang dihambur-hamburkan.. Dan Adapun orang-orang yang berat timbangan (kebaikan)nya, Maka Dia berada dalam kehidupan yang memuaskan. Dan Adapun orang-orang yang ringan timbangan (kebaikan)nya, Maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah. Tahukah kamu Apakah neraka Hawiyah itu?. (yaitu) api yang sangat panas.


c.       Surat Al Zalzalah
b)      Lafal surat Az-Zalzalah dan terjemahannya
#sŒÎ) ÏMs9Ìø9ã ÞÚöF{$# $olm;#tø9Î ÇÊÈ   ÏMy_t÷zr&ur ÞÚöF{$# $ygs9$s)øOr& ÇËÈ   tA$s%ur ß`»|¡RM}$# $tB $olm; ÇÌÈ   7Í´tBöqtƒ ß^ÏdptéB $ydu$t7÷zr& ÇÍÈ   ¨br'Î/ š­/u 4Óyr÷rr& $ygs9 ÇÎÈ   7ͳtBöqtƒ âßóÁtƒ â¨$¨Y9$# $Y?$tGô©r& (#÷ruŽãÏj9 öNßgn=»yJôãr& ÇÏÈ   `yJsù ö@yJ÷ètƒ tA$s)÷WÏB >o§sŒ #\øyz ¼çnttƒ ÇÐÈ   `tBur ö@yJ÷ètƒ tA$s)÷WÏB ;o§sŒ #vx© ¼çnttƒ ÇÑÈ  
Apabila bumi digoncangkan dengan goncangan (yang dahsyat), Dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya, Dan manusia bertanya: "Mengapa bumi (menjadi begini)?",Pada hari itu bumi menceritakan beritanya, Karena Sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) kepadanya.Pada hari itu manusia ke luar dari kuburnya dalam Keadaan bermacam-macam, supaya diperlihatkan kepada mereka (balasan) pekerjaan mereka[1596], Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya Dia akan melihat (balasan)nya.. Dan Barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya Dia akan melihat (balasan)nya pula.[1596]  Maksudnya ada di antara mereka yang putih mukanya dan ada pula yang hitam dan sebagainya.



G. Metode Pembelajaran
1.      Interactive Learning
2.      Team Quiz
3.      Diskusi

H. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1.







2.






















3






Intro/Pendahuluan
a.      Guru memberi salam dan mengatur kelas dengan mengecek presensi siswa
b.      Membaca doa dan tadarus dibimbing oleh guru
c.       Guru memberikan apersepsi terhadap materi yang lalu
d.     Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran
Kegiatan inti
1)      Eksplorasi
a)      Siswa membaca buku tentang hukum alam dalam Al qur’an surat Al-Qari’ah dan Al-Zalzalah
b)      Siswa mencari tentang ketentuan hukum alam Al Qur’an surat Al-Qari’ah dan Al-Zalzalah
2)      Elaborasi
a)        Guru menjelaskan tentang bagaimana fenomena alam dalam surat Al-qari’ah dan Az-Zalzalah
b)        Guru membagi siswa menjadi 3 tim
c)        Guru memberikan kesempatan kepada siswa kelompok A untuk menyiapkan pertanyaan dan tim B dan C meninjau catatan mereka
3)      Konfirmasi
a)      Guru meminta tim A untuk menguji tim B. Jika tim B tidak bias menjawab,Tim C diberi kesempatan untuk menjawabnya
b)      Guru meminta tim A melanjutkan ke pertanyaan selanjutnya kepada tim C, dan ulangi prosesnya dan seterusnya seperti ini.
Penutup
1)         Guru memberikan penguatan terhadap jawaban siswa
2)         Guru menyampaikan kesimpulan materi pelajaran
3)         Guru memberi umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
4)         Guru memberikan tes akhir
5)         Guru mengakhiri pembelajaran dengan bacaan tahmid dan salam
10 menit







50 menit












20 menit




Lecturing

Interactive
Lecturing




Ceramah





Team Quiz


Interactive
Lecturing











Resitasi


Jumlah
80 menit


I. Penilaian
1. Teknik
a)  Tes lisan
b)  Non tes
J. Sumber Belajar
1.      T.Ibrahim dan H.Darso. 2009. Pemahaman Al-Qur’an dan Hadis. PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
2.      Kitab suci Al-Qur’an.


Mengetahui,                                                    Yogyakarta, 6 September 2012
Guru mata pelajaran





Drs. H. A. Ibnu Hajar
Nip. 150 240 365
Mahasiswa Praktikan





Muhammad Sholeh
Nim. 09470049




Tidak ada komentar:

Posting Komentar