Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Satuan Pendidikan : MTs N Sleman Kab Sleman di Maguwoharjo
Mata Pelajaran : Al Qur’an dan Hadis
Kelas/Semester : IX C/1
Alokasi Waktu : 2 × 40 menit
A.
Standar
Kompetensi
Memahami hadis tentang menjaga dan
memelihara kelestarian lingkungan alam
B. Kompetensi Dasar
1. Menulis hadis tentang menjaga dan
melestarikan lingkungan alam.
2. Menerjemahkan makna hadis tentang menjaga
dan melestarikan lingkungan alam.
C. Indikator
1. Menjelaskan Pengertian hadis tentang menjaga kelestarian alam.
2. Menjelaskan lafat lafal hadis dan
terjemahannya hadis.
3. Menjelaskan kandungan hadis.
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah
proses pembelajaran tentang menjaga kelestarian alam Sebagai Pedoman Hidup Manusia dengan
menggunakan metode interactive lecturing dan resitasi di
harapkan :
1. Siswa mampu memahami Menjelaskan Pengertian menjaga kelestarian alam.
2.
Siswa mampu melafalkan hadis tentang menjaga
kelestarian alam.
3.
Siswa mampu memahami isi kandungan hadis tentang
menjaga kelestarian alam
.
E. Nilai Pendidikan Karakter
a.
Relegius
b.
Kerjasama
c.
Saling
menghargai
F. Materi Pembelajaran
A. Menjaga Kelestarian Alam
Allah swt. Menciptakan alam semesta untuk
keperluan manusia. Kita harus menjaganya dengan sebaik-baiknya. Merusak alam
termasuk perbuatan munafik, sebagaimana firman Allah ., “dan apabila dikatakan kepada mereka, ‘jangan berbuat kerusakan di
bumi!’ Mereka menjawab, ‘Sesungguhnya kami justru orang-orang yang melakukan
perbaikan,’Ingatlah, sesungguhnya merekalah yang berbuat kerusakan, tetapi
mereka tidak menyadari.” (Q.S. al-Baqoroh/2:11-12)
Alam merupakan karunia Allah swt. Yang
harus selalu kita jaga kelestarianya. Kita harus memanfaatkanya tampa harus
mengorbankan generasi selanjutnya .
mengeksploitasi alam secara berlebihan merupakan tindakan tercela dan
harus dihindarioleh sesama muslim.
1. Terjemahan Hadis
Hadis Pertama
Barang siapa menghidupkan suatu bumi yang nanti, maka
bumi itu baginya (miliknya). (H.R. at-Tarmizi dari Jabir bin Abdullah No.1300)
Hadis Kedua
Barang siapa menggali sumur, maka ia (berhak) empat
puluh hasta sebagai kandang ternak. (H.R. Ibnu Majah dari Abdullah bin Mugaffal No. 2477)
Hadis Ketiga
Rosululloh saw. Melarang mengebiri kuda dan
binatang-binatang. (H.R. Ahmad dari Ibnu Umar No. 4539).
B. Kandunagn Hadis
Hadis pertama, ada dua kemungkinan yang
dimaksud bumi yang mati. Pertama, bumi tersebut kering (tidak berair) sehingga
tidak dapat menumbuhkan tanaman. Kedua, bumi tersebut tidak terawat sehingga
tidak member manfaat.
Pengebirian binatang sekurang-kurangnya
menimbulkan tiga dampak negatif, yaitu:
a. Memutuskan perkembang biakan binatang yang
seharusnya dijaga dan dilestarikan.
b. Menimbulkan kerugian yang lebih luas
(karena tidak berkembang biak) meskipun memperoleh keuntungan sesaat (khususnya
bagi yang mengebiri).
c. Merampas hak biologis yang dianugrahkan
Allah swt. Kepadanya.
G. Metode Pembelajaran
1.
Interactive
Learning
2.
Team Quiz
3.
Diskusi
H. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1.
2.
3
|
Intro/Pendahuluan
a. Guru memberi salam dan mengatur kelas dengan
mengecek presensi siswa
b. Membaca doa dan tadarus dibimbing oleh guru
c.
Guru memberikan apersepsi terhadap
materi yang lalu
d.
Guru menjelaskan kompetensi yang
akan dicapai dalam pembelajaran
Kegiatan inti
1) Eksplorasi
a)
Siswa membaca buku tentang menjaga kelestarian
alam.
b)
Siswa memahami hadis tentang menjaga kelestarian alam
2) Elaborasi
a)
Guru menjelaskan tentang bagaimana menjaga kelestarian
alam menurut hadis.
b)
Guru membagi siswa menjadi 3 tim
c)
Guru memberikan kesempatan kepada
siswa kelompok A untuk menyiapkan pertanyaan dan tim B dan C meninjau catatan mereka
3)
Konfirmasi
a)
Guru meminta tim A untuk menguji tim B. Jika tim B
tidak bias menjawab,Tim C diberi kesempatan untuk menjawabnya
b) Guru meminta tim A melanjutkan ke pertanyaan
selanjutnya kepada tim C, dan ulangi prosesnya dan seterusnya seperti ini.
Penutup
1)
Guru memberikan penguatan terhadap jawaban siswa
2)
Guru menyampaikan kesimpulan materi pelajaran
3)
Guru memberi umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran
4)
Guru
memberikan tes akhir
5)
Guru
mengakhiri pembelajaran dengan bacaan tahmid dan salam
|
10 menit
50 menit
20 menit
|
Lecturing
Interactive
Lecturing
Ceramah
Team Quiz
Interactive
Lecturing
Resitasi
|
|
Jumlah
|
80 menit
|
|
I. Penialaian
1.
Jenis :
Tes / nontes
2. Bentuk : uraian / Essay / tertulis
3. Instrument : soal / pertanyaan
Tes essay
1.
Apa yang dimaksud dengan kelestarian alam ?
2.
Sebutkan hadis yang menjelaskan tentang
melestarikan alam!
3.
Tuliskan hadis yang menjelaskan
kelestarian alam!
4.
Sebutkan nilai-nilai positif dalam
melestarikan alam!
J. Sumber Belajar
1. T.Ibrahim dan H.Darso. 2009. Pemahaman
Al-Qur’an dan Hadis. PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
2. Kitab suci Al-Qur’an.
K. Alat
1. White boart
2. Spidol
3. Kertas HVS
4. Buku paket Al-qur’an dan hadis kelas IX
Mengetahui,
|
Yogyakarta, 12 September 2012
|
Guru mata pelajaran
Drs. H. A.
Ibnu Hajar
NIP. 150 240 365
|
Mahasiswa Praktikan
Muhammad
Sholeh
NIM. 09470049
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar