Kamis, 20 September 2012

KISAH TELADAN

SEMUA PERBUATAN TERGANTUNG PADA NIAT


Ibadah haji merupakan pangilan ALLAh swt. yang harus dilaksanakan dengan niat yang lurus. melaksanakan ibadah haji harus didasari dengan niat mencari rahmat dan ridho ALLAH swt. , bukan karena niat yang lain. tidak banyak umat islamyang bisa melaksanakannya dengan sempurna.


contohnya adalah pak beben. ia adalah seorang pedagang yang kaya raya. pak beben hidup bertetangga dengan pak karim. meski tidak sekaya seperti pak beben, dengan niat yang tulus dan usaha yang keras, tahun ini pak karim bisa menunaikan ibadah haji bersama istrinya.


mengetahui hal itu, hati pak beben merasa panas. ia merasa kedudukannya di masyarakat lebih rendah dibanding pak karim. kini, tetangga-tetangga sebelahnya keliatan lebih menghormati pak karim dibanding dirinya. dalam hati ia berkata, "kalau pak karim saja bisa, mengapa aku tidak bisa"?



hal itu membuat keinginan untuk menunaikan ibadah haji sangat tinggi dalam hati pak beben. pak beben beranggapan bahwa setelah menunaikan ibadah haji, ia kan lebih terhormat dan terangkat setatus sosialnya. Di depan namanya akan terpampang gelar H (haji). dengan demikian, ia bisa memiliki kedudukan yang lebih tinggi dibanding pak karim.



Sifat pak beben tersebut tidak dibenarkan dalam agama islam karna dia ingin menunaikan ibadah hajihanya untuk ria'. bukan ikhlas untuk Allah swt,.




muhammad sholeh bin abdullah bin shihabudin

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar